Seniman Sebut Goyang Karawang Keluar Dari Tari Tradisional

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Seniman Karawang, Abah Herman L. Fauzan

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Gerakan “Goyang Karawang” yang dipertunjukan dalam event Goyang Karawang untuk mendapatkan rekor MURI beberapa waktu lalu, dianggap telah keluar dari Tari Tradisional.

Inprovisasi yang diterapkan dalam setiap gerakannya dinilai terlalu over.

Bacaan Lainnya

Seniman Karawang, Abah Herman L. Fauzan, mengatakan, tarian tradisional bukan sembarang gerakan tubuh yang mengikuti irama musik. Melainkan terdapat pesan dan nilai-nilai filosofi yang disampaikan dalam setiap gerakannya.

“Kalau gerakan Goyang Karawang yang dipertunjukan pada event Goyang Karawang, itu lebih mirip gerakan aerobic. Sama sekali tidak terlihat pesan atau pun nilai-nilai filosofi di dalamnya,” kata Herman kepada spiritnews.co.id, di Karawang, Senin (21/10/2019).

Abah Herman mengaku sangat tidak setuju jika gerakan “Goyang Karawang” disamakan sengan Tari Jaipong.

“Kalau itu gerakan senam atau aerobic oke. Tapi kalau disamakan sengan Jaipong saya tidak setuju,” tegasnya.

Dikatakan, dia sempat menolak jika gerkan “Goyang Karawang” dipentaskan, apalagi dengan melibatkan banyak pelajar di Karawang.

“Saya sempat meminta agar gerakan itu dirubah jika mau dipentaskan, apalagi di even sebesar Goyang Karawang. Tapi saat itu ternyata gerakan tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh pihak yangbakan terlibat dalam even Goyang Karawang. Saya tidak bisa berbuat banyak,” tandas dia.(zck)

Pos terkait