Anggota Komisi IV DPR RI Puji Bupati Subang, Sutrisno : Kang Jimat Bupati Cerdas

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Disela-sela kunjungannya ke Kabupaten Subang, anggota Komisi IV DPR RI, Dr. H. Sutrisno memuji Bupati Subang H. Ruhimat, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat itu adalah bupati cerdas yang mampu memanfaatkan peluang dan membuka ruang serta kesempatan usaha bagi masyarakat Subang.

Bacaan Lainnya

Kehadiran wakil rakyat ini di Subang, untuk meninjau lokasi pusat ketahanan pangan di Kawasan Bukit Nyomot, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, sekaligus menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada petani.

Sutrisno mengatakan, Kabupaten Subang memiliki potensi alam yang lengkap seperti hutan, kebun, dataran hingga laut yang dapat menjadi penyokong di sektor pertanian maupun perikanan.

Khusus di pertanian, kata Sutrisno, Kabupaten Subang merupakan peringkat ke tiga produksi padi Nasional yang bukan semata-mata untuk kepentingan rakyat Subang, namun menyokong ketahanan pangan di regional Jawa Barat, bahkan ditingkat nasional.

Khusus untuk sektor budidaya ikan air tawar, katanya, Kabupaten Subang memiliki potensi yang luar biasa namun belum mendapatkan legalitas sebagai salah satu daerah budidaya ikan tertentu seperti nila, ikan mas, lele dan yang lainnya.

“Di Subang semua ada. Di dapil (daerah pemilihan) saya, hanya Kabupaten Subang yang paling lengkap karena satu-satunya yang punya laut, ya Subang, kalau urusan fasilitas kelautan dan perikanan ya utamanya pasti di Subang,” kata Sutrisno.

Menurutnya, langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang sudah tepat, yaitu berupa berbagai pengajuan program yang berkaitan dengan sektor pertanian, perkebunan maupun perikanan. Pembukaan lahan, pembangunan akses jalan serta berbagai kerjasama yang dilakukan untuk penguatan produksi dan pemasaran hasil pertanian.

Dijelaskan, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat tersebut merupakan sosok kepala daerah yang cerdas yang mampu menangkap potensi yang ada di daerahnya dan mengeksekusinya sebagai usulan atau sebuah program melalui kementerian pertanian.

Sehingga saat ini berbagai bantuan baik alsintan maupun yang terkait pengembangan sektor pertanian dapat terlaksana. Kepercayaan kepada Pemkab Subang berupa berbagai bantuan dan program dari pusat dan dewan, tidak akan datang begitu saja tanpa adanya tindakan nyata dan usaha dari bupati.

“Bukan hanya nunggu tanda tangan, kalau tidak digerakkan bupatinya, mana mungkin bisa jalan,” tegasnya.

Adapun berbagai program sektor pertanian yang sedang dijalankan Pemkab Subang diantaranya program YESS (petani milenial), UPLAND  dan Subang Integrated Food Estate (SIFE) yang pelaksanaannya atas kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Kementerian Pertanian, Kodam III Siliwangi, Kodim 0605 Subang serta gabungan stakeholder se-Kabupaten Subang.

Selain itu, pembukaan lahan (landclearing) serta pembangunan beberapa akses jalan baru di Kabupaten Subang, dinilai akan mampu meningkatkan perekonomian Kabupaten Subang dimasa yang akan datang, serta berbagai kerjasama yang saat ini terjalin dengan beberapa pihak/stakeholder akan mampu melahirkan sinergitas mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan di Kabupaten Subang.

Seiring berbagai pembangunan yang saat ini sedang berjalan seperti pembangunan Pelabuhan Patimban, pembangunan bendungan sadawarna, Subang Smartcity dan berbagai kawasan industri, semakin menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh Kang Jimat saat ini merupakan sebuah upaya peletakan pondasi bagi Subang dalam menyongsong era industrialisasi dan mendukung kemajuan Subang dimasa yang akan datang.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait