KOMUNIKASI adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Sementara komunikasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan.
Penulis: Elsa Evianti
Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang
Namun komunikasi dalam bisnis memiliki arti yang berbeda, yaitu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan era globalisasi menunjukkan keadaan pada masa kini. Dan globalisasi berarti proses menggelobal atau mendunia. Era globalisasi merupakan zaman dimana kegiatan manusia didukung dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendunia. Era globalisasi berpengaruh terhadap proses komunikasi dalam kehidupan masyarakat, salah satunya adalah komunikasi.
Peran penting komunikasi di dalam era globalisasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, yaitu: meningkatkan kreativitas, mengekspresikan diri, menjalin kerja sama, mempelajari karaker sesama manusia, mengasah keterampilan teknologi, memberikan motivasi, mempermudah mengakses informasi, dan mengembangkan bisnis.
Untuk saat ini di dalam peran komunikasi lebih berpengaruh untuk perkembangan bisnis. Karena dijaman era globalisis semakin banyak usaha yang berkembang dan komunikasi juga berpengaruh terhadap usaha bisnis yang di jalankan. Komunikasi yang efektif sangat membantu dalam membangun hubungan yang baik didalam faktor internal maupun eksternal.
Dampak dari pentingnya komunikasi dalam perkembangan bisnis sendiri di era globalisasi yaitu dapat menghindari kesalapahaman, meningkatkan kualitas pelayanan, membangun suasana positif dan kondusif, dan meningkatkan proses bisnis. Aktivitas komunikasi didalam kegiatan bisnis juga harus ada unsur-unsur tertentu.
Adapun unsur-unsur dalam aktivitas komunikasi yaitu: terdapat tujuan, adanya pertukaran, berisi informasi, memanfaatkan saluran personal atau interpersonal, memakai simbol atau sinyal, dan pencapaian target.
Di dalam perkembangan bisnis di era globalisasi juga memiliki peran penting tersendiri yaitu, saling tukar menukar informasi, mempersiapkan rencana dan kebijakan, eksekusi rencana dan kebijakan, meningkatkan efisiensi karyawan, mencapai tujuan, memecahkan masalah, meningkatkan hubungan industrial, mempromosikan barang dan jasa, menghapus kontrovensi, meningkatkan kepuasan karyawan, dan meningkatkan loyalitas.
Dengan adanya perkembangan jaman dan berkembanganya teknologi modern, Kecanggihan teknologi yang semakin mendukung komunikasi lewat dunia maya ini sekarang dapat dilihat melalui beramai-ramainya orang yang menggunakan teknologi cangih.
Cara manusia berkomunikasi satu sama lain yang kita temui saat ini, dimana manusia memiliki bermacam cara untuk terhubung dengan yang lainnya, karena ketersediaan alat-alat komunikasi yang memungkinkan mereka untuk mempunyai alternatif menurut kebutuhan maupun keinginan yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
Dalam komunikasi bisnis di era globalisasi ini pun juga lebih mudah dan lebih efisien. Sehingga dengan itu dapat meningkatkan pekembangan bisnis yang lebih menguntungkan satu sama lain.
Untuk saat ini pun berkomunikasi dalam bisnis juga dapat melalui media online karena dengan adanya teknologi modern yang lebih canggih di era globalisasi. Namun dalam komunikasi bisnis di era globalisasi yang tidak dapat mengelola dengan baik juga akan merugikan bisnisnya sendiri.
Jadi, komunikasi sangat penting dan menjadi faktor utama bagi perkembangan bisnis di era globlasisasi saat ini. Dapat terjadi biasanya dalam komunikasi, hasil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena komunikasi yang dilakukan tidak efektif sehingga tidak mencapai sasaran dengan baik.
Oleh karena itu, untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif dapat diperbaiki melalui: persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan keharmonisan.(*)