DALAM ARTIKEL saya akan membahas mengenai pengertian, tujuan, dan macam-macam komunikasi bisnis, serta bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar dalam dunia bisnis.
Menurut Himstreet dan Baty dalam Business Communications: Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang `biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, mapun perilaku atau tindakan.
Penulis : Ratna Putri Mei Wulandari
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang
Jadi komunikasi bisnis adalah proses menyampaikan informasi mengenai bisnis yang dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih (komunikator dan komunikan). Komunikasi dalam dunia bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam tercapainya suatu tujuan organisasi. Komunikasi sangat diperlukan dalam dunia bisnis karena dengan komunikasi yang baik dan benar, pesan yang disampaikan akan diterima baik oleh komunikan sesuai dengan apa yang diharapkan komunikator.
Bentuk komunikasi tidak hanya komunikasi verbal saja, namun juga ada komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tulisan. Contoh komunikasi verbal dalam dunia bisnis adalah membuat dan mengirim surat penerimaan atau penolakan kerja, membuat dan mengirim surat edaran ke media massa, melakukan konferensi jarak jauh menggunakan komputer dengan perusahaan lain, dsb. Komunikasi verbal yang baik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- berbicara efektif atau tidak bertele-tele
- bahasa yang digunakan singkat, padat, dan mudah dimengerti
- tidak bersifat ambigu atau memiliki makna ganda.
Sedangkan, komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa tubuh (gerakan tubuh dan ekspresi wajah). Tujuan dari komunikasi nonverbal adalah sebagai berikut :
- memberikan informasi
- mengatur alur suatu percakapan
- mengekspresikan emosi
- memberi sifat, melengkapi, menentang, atau mengembangkan pesan pesan verbal
- mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
Menjaga sikap adalah kunci utama dalam komunikasi nonverbal. Contoh perilaku yang dapat membuat komunikasi nonverbal berjalan dengan lancar, yaitu :
- Berjabat tangan dan tersenyum
Dengan berjabat tangan dan tersenyum menunjukkan bahwa kita senang bertemu dengan orang tersebut. Selain itu, dapat juga diartikan sebagai bentuk rasa hormat dan simpati.
- Tidak membuang muka
Perilaku yang harus dihindari saat bertemu rekan bisnis yaitu membuang muka. Meskipun kita kurang setuju dengan keputusan yang telah disepakati, kita harus tetap menjaga etika dengan tidak membuang muka atau berekspresi sinis.
- Tidak berpangku tangan
Berpangku tangan atau menopang dagu adalah tindakan yang tidak etis jika dilakukan pada saat rapat dengan rekan bisnis. Tindakan tersebut menunjukkan bahwa anda sedang melamun atau tidak tertarik dengan apa yang sedang dibahas.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa komunikasi nonverbal sering kali berkaitan dengan komunikasi verbal. Sehingga tidak jarang kita temukan penggabungan antara kedua komunikasi tersebut. Penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal akan lebih menarik rekan bisnis jika kita mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat melakukan komunikasi bisnis. Oleh karena itu, komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam dunia bisnis.
Daftar Pustaka :
Purwanto, Djoko. 2019. Komunikasi Bisnis Edisi Kelima. Surakarta: Erlangga.
(*)