Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Menjelang berubahnya status pandemi Covid-19 menjadi endemi, BPJS Kesehatan Cabang Karawang semakin gencar memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Karawang dan Purwakarta melalui layanan Mobile Costumer Service (MCS).
Kini layanan jemput bola BPJS Kesehatan tersebut kembali rutin hadir di tengah masyarakat, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.
Tidak berbeda jauh dengan pelayanan yang diberikan di kantor cabang, pelayanan yang hadir dengan menggunakan mobil itu bisa melayani seluruh keperluan kepesertaan JKN-KIS masyarakat.
Namun, kelebihan dari layanan melalui MCS ini, masyarakat tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor cabang, karena BPJS Kesehatan akan menghadirkan pelayanan di wilayah terdekat.
Yatik (38) beserta rekannya, warga Kecamatan Cilamaya Wetan terlihat sangat antusias menyambut kehadiran MCS yang tak jauh dari tempat tinggal mereka.
“Kami sangat terbantu dengan hadirnya MCS di desa kami untuk memberikan layanan BPJS Kesehatan. Kami tidak perlu mengeluarkan ongkos jauh ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang. Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang kan di kota, cukup jauh dari sini, jadi saat tadi saya tahu ada MCS datang, saya langsung datang dan bertanya-tanya seputar Program JKN-KIS. Kebetulan saya ingin tahu berapa tagihan saya. Ternyata langsung dicek oleh petugas tadi, dan saya diarahkan untuk segera melakukan pembayaran dan segera mendaftar autodebet agar tidak menunggak. Memang lebih baik membayar rutin tiap bulan agar tidak berat jika menunggak,” jelas Yatik.
Yatik pun mengaku bahwa keluarganya telah merasakan langsung manfaat dari JKN-KIS. Anaknya kerap menggunakan JKN-KIS untuk pengobatan rawat jalan.
“Namanya anak-anak sudah pasti sering sakit demam, batuk, diare, sebagai orang tua pasti kita panik, tapi alhamdulillah semua ditanggung oleh Kartu JKN-KIS. Karenanya manfaat Program JKN-KIS ini sangat nyata. Untung MCS hadir di sini hari ini, saya jadi dapat banyak informasi dan diingatkan kembali untuk rutin bayar iurannya,” katanya.
Pada MCS tersebut juga dilakukan sosialisasi kemudahan kanal lainnya yaitu Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) yaitu cukup mengirimkan whatsapp ke nomor 0811-8165-165, masyarakat dapat langsung mengakses layanan BPJS Kesehatan seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pindah jenis kepesertaan, pengaktifan kembali kartu, perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat.(ops/ybs/sir)