Akibat Abrasi, 26 Rumah Warga Desa Lhok Pu Uek Rusak Berat

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Abrasi pantai yang mengiringi gelombang ekstrem mengakibatkan puluhan rumah warga Desa Lhok Pu Puek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, rusak berat, Rabu (26/10/2022).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Asnawi, mengatakan, abrasi pantai akibat gelombang tinggi menyebabkan sebanyak 26 rumah warga mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini tidak ada informasi korban jiwa maupun warga luka-luka akibat abrasi pantai itu,” kata Asnawi.

Asnawi mengimbau abrasi ini benar-benar dijadikan peringatan bagi masyarakat. Dia tidak menganjurkan masyarakat mendirikan bangunan di bibir pantai Lhok Pu Uek. Sebab, saat laut diterjang gelombang besar kawasan tersebut masuk peta rawan terjadi bencana.

“Itu sudah siklus tahunan, kawasan yang paling aman digunakan pemukiman setelah muara sungai. Kalau di antara muara dan bibir pantai sudah pasti rentan abrasi,” katanya.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Aceh Utara, Azmi, mengaku, sudah menerima laporan  dari Camat dan stafnya dilapangan. Menurutnya, warga harus direlokasi  ke lokasi yang lebih aman.

“Kami sedang mempersiapkan lokasi dan lahan untuk relokasi warga,” kata Azmi.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait