Bupati Purwakarta Cetak Hatrick Sebagai Politisi Perempuan Golkar Terpopuler Tingkat Nasional

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Mengalahkan nama-nama hebat politisi papan atas di Indonesia, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kembali terpilih sebagai tokoh dan politisi perempuan Partai Golongan Karya (Golkar) paling populer secara nasional versi Golkarpedia periode Juni 2023.

Keterpilihan tersebut menjadi sejarah baru, lantaran Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Golkar Kabupaten Purwakarta tersebut mencetak hatrick, yakni tiga kali berturut-turut terpilih sebagai politisi perempuan Partai Golkar paling populer di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Bupati perempuan pertama Purwakarta itu berturut-turut terpilih sebagai politisi paling populer periode bulan April dan Mei 2023.

“Prestasi ini bukan semata-mata prestasi untuk saya, namun merupakan prestasi untuk seluruh masyarakat Purwakarta. Prestasi ini juga merupakan prestasi buat semua perempuan-perempuan hebat di seluruh Indonesia,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Rabu, (12/7/2023).

Popularitas Bupati Anne Ratna Mustika itu dinilai berdasarkan hasil riset Golkarpedia, dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut. Golkarpedia adalah portal berita yang mengkhususkan pada dunia informasi seputar Partai Golkar.

“Keterpilihan saya merupakan hasil dukungan dan kerja keras banyak pihak, mulai dari pimpinan partai Golkar hingga kalangan jurnalis dan media massa,”

Secara khusus Anne Ratna Mustika menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily.

“Berkat kepercayaan dan dukungan dari Pak Airlangga dan Pak Ace, saya bisa menjalankan amanah dalam jabatan publik sebagai Bupati Purwakarta. Dari sanalah awal kiprah saya semakin lebih dikenal luas. Tanpa dukungan keduanya, saya mungkin tidak akan sampai mendapatkan kepercayaan ini,” kata Anne Ratna Mustika.

Orang nomor satu di Purwakarta itu juga menyatakan terima kasihnya kepada semua jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh masyarakat Purwakarta. “Dukungan mereka sangatlah berharga selama saya menjalankan amanah sebagai Bupati Purwakarta,” katanya.

Berdasarkan penilaian Golkarpedia, Anne Ratna Mustika menduduki peringkat pertama karena berhasil memimpin jumlah pemberitaan dengan jangkauan terluas.

Golkarpedia mencatat Bupati Anne mengumpulkan 573 pemberitaan selama bulan Juni 2023, dengan cakupan reach mencapai 2,5 juta jangkauan. Dengan jumlah itu Bupati Anne jauh mengungguli sembilan nama besar tokoh dan politisi perempuan Golkar lainnya.

Sementara peringkat dua hingga kesepuluh adalah Nurul Arifin (Anggota Komisi I DPR RI), Atalia Praratya (istri Gubernur Jawa Barat) Riana Sari Arinal (Istri Gubernur Lampung dan Ketua Ikatan Istri Partai Golkar Lampung) dan Meutya Hafid (Ketua Komisi I DPR RI),

Kemudian disusul oleh Ratu Tatu Chasanah (Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten dan Bupati Serang), Indah Putri Indriani (Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan), Airin Rachmi Diany (Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan), Cen Sui Lan (Anggota Komisi V DPR RI) dan Hetifah Sjaifudian (Wakil Ketua Komisi X DPR RI).

Dalam penilaian Golkarpedia, pemberitaan secara luas yang mengulas mengenai sosok Bupati Anne Ratna Mustika diantaranya adalah terkait penghargaan detikJabar Awards yang diterima Kabupaten Purwakarta dalam kategori pelayanan keluarga sehat.

Kemudian  pemberitaan Anne Ratna Mustika sebagai Bupati Purwakarta dalam menghadapi Perayaan Idul Adha baik dalam pengelolaan penjualan hewan kurban maupun persiapan Purwakarta dalam menyambut wisatawan.

Dukungan Jurnalis Dan Media Massa

Atas keterpilihannya sebagai tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar terpopuler, Bupati Anne juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis dan media massa.

Bupati Anne mengatakan, rekan-rekan jurnalis telah banyak membantu dalam menjalankan amanahnya baik sebagai kader Golkar maupun sebagai Bupati Purwakarta.

“Kinerja saya sebagai Bupati Purwakarta maupun sebagai kader Golkar, tentu tidak mungkin diketahui publik secara luas tanpa dukungan rekan-rekan jurnalis dan media massa. Untuk itu, saya sangat berterima kasih,” kata Bupati Anne.

Pada kesempatan itu, Bupati Anne juga menyampaikan bahwa setiap prestasi atau penghargaan yang diterima dirinya sesungguhnya merupakan penghargaan bagi semua jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh masyarakat Purwakarta.

“Semua prestasi dan penghargaan adalah hasil kerja keras dan kerja sama semua jajaran di Pemkab Purwakarta. Tanpa dukungan mereka, tentu saya tidak mungkin bisa mendapatkan itu semua. Penghargaan itu juga sekaligus merupakan penghargaan bagi masyarakat Purwakarta,” kata Bupati Anne.

Selain dari Golkarpedia, Bupati Anne Ratna Mustika juga masuk nominasi 15 besar peraih penghargaan Golkar Media Awards 2023 untuk dua kategori, yakni sebagai Pejabat Publik Terpopuler dan Nominasi Kader Politisi Perempuan Terpopuler.

Pemberian penghargaan Golkar Media Awards 2023 digelar untuk merayakan hari ulang tahun media KabarGolkar.com yang ke-5. Kabar Golkar sendiri merupakan media internal Partai Golongan Karya (Partai Golkar).

Meraih Banyak Prestasi

Selama memimpin Kabupaten Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika memang dikenal sebagai pemimpin yang meraih banyak prestasi. Sejak awal tahun 2023 ini saja tercatat sejumlah penghargaan prestisius berhasil diraihnya.

Berbagai penghargaan yang telah diraihnya itu diantaranya adalah Penghargaan Nasional Respon Imunisasi Terbaik dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diberikan dalam perayaan puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2023 Indonesia oleh Kemenkes RI di Jakarta, 7 Mei 2023..

Selain itu, dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu untuk dua kategori yakni dalam pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Resiko Indeks (MRI). 5 Mei 2023 lalu.

Selanjutnya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awrad dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia pada 14 Maret 2023.lalu.

Penghargaan bidang pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) pada 16 Februari 2023.  Penghargaan yang diberikan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI itu diberikan karena Pemkab Purwakarta dinilai sebagai kabupaten yang memiliki kontribusi luar biasa pada pendidikan tinggi.

Lalu penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang Mendukung Program KB Pria Metode Opratif Pria (MOP) tahun 2023, pada 14 Februari 2023 lalu.

Kemudian pada 1 Maret 2023, penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta dinilai sebagai Instansi dengan pencapaian standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran tahun 2022 Kategori Tuntas Paripurna 100 persen. Penghargaan diberikan 1 Maret 2023 lalu.

Penghargaan lainnya adalah penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disipusda) sebagai Penggerak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tingkat Provinsi Jawa Barat, 1 Maret 2023 lalu.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait