Dispusip Aceh Utara Bedah Buku di Seunuddon Seratus Kuntul Hitam Bermalam

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Aceh Utara, propinsi Aceh, menggelar pelatihan Bedah Buku, di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Rabu (12/7/2023), yang dibuka oleh Kepala Dispusip Kabupaten Aceh Utara, Saifullah,M.Pd diwakili Plt. Sekretaris Dispusip, T.Fahrizal.

Kgiatan dimulai pada pukul kurang lebih 09.00 Wib, dengan kegiatan pelatihan bedah buku mengusung tema “Pengembangan literasi berbasis inklusi sosial Kegiatan  Pembudayaan gemar membaca Tingkat daerah kabupaten/kota”. Profil profil Novel Di Seunuddon Seratus Kuntul Hitam Bermalam karya M.Nasir Age yang juga sebagai pemateri pada acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan bedah buku merupakan suatu kegiatan yang mengungkapkan isi suatu buku yang ditulis oleh sang penulis secara lugas, untuk mengenalkan makna atau isi buku tersebut.

Tujuannya ialah demi meningkatkan budaya literasi dalam pengembangan menulis, mendorong dan mengembangkan potensi dan kapasitas penulis lokal untuk menciptakan karya-karyanya.

Selain itu, bedah buku sebagai referensi pembelajaran bagi para pembaca maupun pelajar, yang dinilai mampu memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi para pecinta karya tulis.

“Bedah buku juga dapat merangsang inspirasi dan semangat bagi pecinta karya tulis, serta timbulnya motivasi untuk belajar menjadi seorang penulis. Ini menjadi sumber pengetahuan, bagi non penggiat maupun penggiat literasi, pembentukan tradisi yang terawat dan menjadi wadah sumber pengalaman bagi kita semua. Disamping itu kegiatan ini menyatukan kita, dalam menjalin komunikasi dan silaturrahmi, sehingga bisa saling bertukar pendapat dan ilmu, dalam melakukan upaya peningkatan kualitas literasi di kabupaten Aceh Utara,” katanya.

Sedangkan Dispusip Aceh Utara terus berbenah, memiliki sistem pelayanan yang terbuka dalam menyediakan fasilitas untuk membaca dan berkreativitas bagi penggiat literasi di Perpustakaan Daerah, diantaranya menyediakan Ruang Pojok Baca di ruang Perpustakaan.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait