Piutang PDAM Tirta Tarum Capai Rp 22 Miliar, Jajaran Direksi Baru Programkan Bulan Bebas Denda

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Jajaran Direksi PDAM Tirta Tarum gelar konferensi pers terkait sejumlah program dan kebijakan, Jumat (26/10/2018).

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Jumlah tunggakan konsumen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum yang mencapai Rp 22 miliar, mendorong jajaran direksi yang belum genap 100 hari memimpin perusahaan plat merah ini melakukan sejumlah langkah penanganan. Salah satunya dengan program bulan bebas denda atau amnesti bagi para konsumen yang menunggak, dengan cukup membayar biaya pokok tagihan.

Namun jika kebijakan tersebut belum juga efektif untuk mengurangi piutang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang ini, pihak manajemen akan menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang untuk menagih seluruh tunggakan kepada pelanggan. “Kami masih berupaya melakukan langkah persuasif kepada pelanggan untuk membayar tunggakan,” ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Tarum, M. Soleh, Jumat (26/10/2018).

Bacaan Lainnya

“Dengan program bulan bebas denda ini, kami berharap pelanggan bisa memanfaatkannya dengan melunasi seluruh tagihan. Jika program ini tidak berjalan sesuai harapan, terpaksa kami mengambil langkah hukum,” tambahnya.

Baca Juga: Pelanggan PDAM Tirta Tarum Protes Tagihan Membengkak

Dijelaskan, tunggakan tagihan pelanggan PDAM sebesar Rp 22 miliar merupakan warisan manajemen lama yang harus bisa diselesaikan oleh jajaran direksi baru. Salah satunya melalui program bulan bebas denda tersebut yang akan berlasung 1-20 November 2018. “Kami lihat perkembangannya nanti. Apakah program ini mendapat respons positif dari masyarakat atau tidak,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan kejaksaan terkait persoalan tersebut. “Ini upaya terakhir kami jika memang tidak ada jalan lain. Tetapi kami masih mencoba cara yang lebih persuasif mengatasi masalah ini,” tutur Soleh.

Sementara itu, jajaran Direksi PDAM Tirta Tarum baru yang belum genap 100 hari bekerja ini, telah berhasil menambah jumlah pelanggan baru sebanyak 1.500 melalui program promo sambungan baru. Program promo ini diluncurkan untuk memperingati HUT RI ke-73 dan HUT Karawang ke-385, pada September 2018 lalu. Sehingga jumlah pelanggan PDAM Tirta Tarum saat ini mencapai 170.000.

Berita Lain: Air PDAM Kotor Sebulan Terakhir, Warga Bekasi Utara Geram

“Program promo ini kami turunkan biaya pemasangan sambungan baru hingga 50 persen. Ternyata program ini direspon positif oleh masyarakat, hingga dalam waktu singkat ada 1.500 pelanggan baru,” ungkapnya.(sir)

Pos terkait