Mahasiswa UBP Bantu Masyarakat Kembangkan Ekonomi Kreatif dalam Program KKN

  • Whatsapp
Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar Seminar "Penerapan Teknologi dalam Pengembangan Wirausaha" di Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Minggu (22/7) siang kemarin.

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar Seminar “Penerapan Teknologi dalam Pengembangan Wirausaha” di Desa Parungsari, Kecamatan Telukjambe Barat, Minggu (22/7) siang kemarin.

Seminar tersebut merupakan bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut yang dilaksanakan mahasiswa Teknik Informatika, Manajemen dan Teknik Industri. Sebelum melaksanakan seminar, para mahasiswa telah melakukan observasi yang dilaksanakan selama dua minggu pada 2-14 Juli 2018.

Bacaan Lainnya

Para mahasiswa menemukan banyak kendala yang dialami pengrajin bambu di Desa Parungsari. Padahal bambu merupakan jenis usaha mikro yang potensial, untuk mengangkat ekonomi masyarakat setempat.

Untuk itu, permasalahan yang ditemukan mahasiswa diseminarkan untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Harapan besarnya, masyarakat setempat bisa mengetahui teknis pemasaran hasil usaha mereka.

“Selain sosialisasi langsung, kita juga membantu pemasarannya melalui media sosial, seperti facebook,” kata Cindy, salah satu peserta KKN kepada SpiritNews, Senin (23/7/2018).

Pemateri yang dihadirkan dalam seminar tersebut yakni Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Dedi. Serta perwakilan Dinas Kominfo Kabupaten Karawang.

“Semoga seminar ini dapat membantu usaha masyarakat, dan mengajak masyarakat lainnya untuk berwirausaha,” kata Dedi.

Dijelaskan, pemerintah akan melibatkan segala jenis usaha masyarakat untuk dipromosikan dan dipasarkan. Pemerintah mendukung penuh pengrajin bambu dan usaha mikro di Desa Parungsari, juga di beberapa desa lain di Kabupaten Karawang.

Diketahui, karya usaha masyarakat di Desa Parungsari mayoritas adalah kerajinan bambu yang dibentuk menjadi meja dan kursi, harga yang dijual bervariasi kisaran Rp 400 ribu untuk satu set.(moy)

Pos terkait