Kasus Tumbuh Kembang Anak di Karawang Terbanyak Keterlambatan Bicara

  • Whatsapp
www.spiritnews.co.id
Seminar tumbuh kembang anak (foto: Yan, spiritnews.co.id)

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Mandaya Hospital Karawang terus berinovasi melakukan pengembangan dan penambahan fasilitas pelayanan, salah satunya dengan membuka Klinik Tumbuh Kembang Mandaya Hospital Karawang yang dilaunching pada hari ini, Kamis (8/11/2018).

Mandaya Hospital memiliki paradigma baru dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih mengutamakan kualitas pelayanan, sehingga pasien dan keluarganya yang merasakan pengalaman yang berbeda.

Bacaan Lainnya

“Dibukanya klinik ini adalah banyaknya permintaan dari para pasien orang tua di poli anak untuk dibukakan Klnik Tumbuh Kembang.Selain itu,  sebagai wujudnya Mandaya Hospital Karawang peduli terhadap tumbuh anak-anak khususnya di wilayah Karawang dan sekitarnya,” ujar Direktur Utama Mandaya Hospital Karawang, dr.Aditya Angga Dharma kepada SpiritNews, Kamis (8/11/2018).

Baca Juga: Tumbuh Kembang Buah Hati Bergantung pada Asupan Nutrisi

Proses pertumbuhan anak perlu diketahui secara berkala, dimana pada usia 0 sampai 5 tahun merupakan usia yang sangat penting pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak.Pada usia tersebut pertumbuhan fisik, perkembangan sistem motorik, sistem sensorik dan perilaku bila terjadi gangguan akan berdampak sangat besar dan sulit untuk dikoreksi jika terlambat dilakukan pengobatan.

Beberapa contoh ganguan tumbuh kembang yang dapat diterapi di Mandaya Hospital Karawang, mulai kasus stunting, keterlambatan berjalan, keterlambatan berbicara, ganguan pendengaran, anak hiperaktif yang sering disebut Attentioan Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), autis maupun sindrome down.

“Untuk kasus ganguan tumbuh kembang anak di Karawang lebih banyak pada keterlambatan berbicara.Anak tersebut sudah usia 3 tahun atau 4 tahun tapi untuk berbicara belum lancar berbicara,” jelasnya.

www.spiritnews.co.id

Sebagai bukti kepedulian terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak maka Mandaya Hospital Karawang menyediakan layanan Klinik Tumbuh Kembang dengan konsep pelayanan yang diberikan secara terpadu dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan orangtua mengenai informasi yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak serta permasalahannya, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat oleh tim tumbuh kembang yang profesional serta didukung oleh fasilitas pelayanan yang lengkap diantaranya, ruang konsultasi dokter spesialis anak, konsultasi psikolog, konsultasi rehabilitasi medis, terapi wicara, terapi okupasi, sensorik integrasi dan hidroterapi.

Baca Juga: Antisipasi Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Selain itu, terdapat pelayanan lainnya seperti UGD dan Ambulans 24 jam, rawat inap, rawat jalan, fasilatas penunjang medik diantaranya, Laboratorium, Farmasi, Radiologi, Fisioterapi, Kamar Operasi, Cath-Lab (Katerisasi Jantung), Endoskopi, Hemodialisa dan Hidroterapi.

Klinik Tumbuh Kembang Mandaya Hospital Karawang diharapkan akan memberikan banyak informasi bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya tentang pentingnya memantau dan menjaga kesehatan anak sejak dini untuk membangun generasi muda penerus bangsa yang cerdas dan sehat, demi Indonesia yang lebih baik.(ybs)

Pos terkait