Melalui Kartu Sehat, Dinkes Kota Bekasi Bantu Warga Operasi Jantung

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Keempat dari kiri Kadinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati saat menemui pasien operasi katup jantung di Rumah Sakit Awal Bros

Kota Bekasi, spiritnews.co.id – Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tahun 2017 lalu terus dirasakan manfaatnya sampai saat ini.
Program berobat gratis dengan menggunakan Kartu Sehat (KS) Berbasis NIK ini tidak hanya menjamin pembiayaan di puskesmas dan rumah sakit. Namun dengan Kartu Sehat ini, warga yang harus menjalani operasi berat seperti operasi jantung pun tidak perlu bayar alias gratis.

Baca juga : Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Begini Tipsnya!

Bacaan Lainnya

Salah satu contoh keabsahan Kartu Sehat ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati saat mendatangi seorang warga bernama Darfan (47) yang harus menjalani operasi katup jantung di Rumah Sakit Awal Bros menggunakan Kartu Sehat.
Dikatakan, kasus tindakan operasi pembedahan katup jantung yang dialami Darfa adalah yang pertama kali di Kota Bekasi yang menggunakan jaminan Kartu Sehat.
“Untuk kasus seperti ini mungkin yang pertama kali ada di Kota Bekasi dengan jaminan Kartu Sehat,” kata Tanti kepada spiritnews.co.id, baru-baru ini.

Berita Terkait : Pemkot Bekasi Anggarkan Rp 400 Miliar untuk Program Kartu Sehat Tahun 2019

Menurutnya, awalnya Dinas Kesehatan mendapatakan laporan dari pihak Rumah Sakit Awal Bros adanya kasus pasien Darfan masuk rumah sakit, yang bersangkutan berkunjung berobat dengan keluhan sakit jantung, dimana katupnya perlu dilakukan tindakan operasi namun tidak memiliki biaya yang sangat besar.
“Untuk operasi katup jantung, kami akui, baru pertama kali dilakukan di Rumah Sakit Awal Bros dan dibiayai semua oleh Pemerintah Kota Bekasi Kartu Sehat,” kata Tanti.
Jika ada warga yang sangat membutuhkan penanganan dan belum memiliki Kartu Sehat, kata Tanti, tidak perlu khawatir. Warga tersebut cukup menunjukkan KTP atau KK Kota Bekasi maka akan ditangani.(tom)

Pos terkait