Warga Lima Desa di Kecamatan Cot Girek Kesulitan Air Bersih

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Ribuan warga lima gampong (desa), di Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara kesulitan mendapatkan air bersih karena belum tersambungkan pipa PDAM Tirta Mon Pase.

Lima desa tersebut adalah Desa Supeng, Beurandang Krueng, Drien Dua, Beurandang Fayah, dan Beurandang Asan. Di lima desa ini ada 1.600 kepala keluarga yang berharap bisa menikmati air bersih PDAM Tirta Mon Pase.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah beberapa kali mengusulkan ke instansi terkait agar segera dikabulkan usulan itu, karena kami sangat membutuhkan pemasangan sambungan air bersih dari PDAM,” ujar Kepala Desa Beurandang Krueng, Mulyadi, kepada spiritnews.co.id, Minggu (08/09/2019).

Namun, kata Mulyadi, hingga saat ini belum ada tanda-tanda realisasi dari usulan tersebut. Agar seluruh warga wilayah itu dapat terlayani air bersih, idealnya dibutuhkan jaringan pipa air bersih sepanjang 8000 meter.

Saat ini, sudah ada 200 meter jaringan pipa air bersih dari PDAM Tirta Mon Pase yang terpasang sekitar 200 meter baru hingga gampong Beurandang Krueng.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah adanya pembangunan jaringan pipa distribusi air bersih, agar warganya bisa dipasangi sambungan langsung ke rumah,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan spiritnews.co.id, warga terpaksa menggunakan air sungai yang kotor dan tidak layak untuk dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.(mah)

Pos terkait