Gubernur Jawa Barat Berharap Pemuda Jadi Agen Perdamaian dan Persatuan

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Bandung Barat, spiritnews.co.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memandang KNPI tidak hanya sebagai agen perubahan, tapi juga agen perdamaian dan persatuan.

Terlebih saat ini salah satu isu sentral di tingkat pusat adalah mempertahankan ke-Bhineka Tunggal Ika-an.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah KNPI Jawa Barat tetap solid tidak sampai ada perpecahan di dalam tubuh pengurusnya. Melalui KNPI saya titipkan banyak mimpi tidak lagi hanya sekedar jadi agen perubahan tapi juga agen perdamaian dan persatuan,” kata Ridwan Kamil seusai membuka Rakerda DPD KNPI Jawa Barat di Hotel Mason Pine Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Senin (21/10/2019).

Dikatakan, dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Jawa Barat, tercatat ada 70 pengurus KNPI yang bertarung. Selama pemuda kreatif dan inovatif pasti akan mendapat apresiasi dari masyarakat.

“Ada sekitar 6.000 ruang kepemimpinan di daerah yang bisa diambil pemuda,” kata Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil ini.

Bukan hanya di politik. Kang Emil menyontohkan di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki banyak peluang ekonomi terutama di sektor pariwisata. Keterlibatan pemuda sangat diharapkan untuk memajukan pariwisata di daerah.

“Konsultasi dengan bupati, apa saja sih yang bisa disumbangkan pemuda dalam mengembangkan sektor pariwisata,” kata Emil yang pada saat wawancara didampingi Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Pada Rakerda KNPI ini, selain dihadiri gubernur dan bupati. Hadir pula anggota DPRI Rian Firmansyah, dan 14 anggota DPRD Jawa Barat yang seluruhnya kader KNPI.

Ketua Panitia Penyelenggara Rakerda DPD KNPI Jawa Barat, Lili Supriatna engatakan pada Rakerda kedua di bawah kepemipinan Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F. Wilantara mengusung tema “Revitalisasi Peran dan Kiprah Pemuda/KNPI Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin”.

“Rakerda diikuti 128 pimpinan organisasi kepemudaan dan 27 pimpinan KNPI se-jawa Barat. Kami ingin merajut kembali perbedaan pilihan politik pasca pemilihan presiden lalu. Kami buktikan Jabar sangat kondusif, semua bergandengan tangan tanpa ada riak-riak perpecahan,” kata Lili.

Ia mengungkapkan pada Rakerda kali ini, dilaksanakan deklarasi damai untuk nusantara yang digagas oleh tokoh-tokoh pemuda Jawa Barat. Deklarasi damai dipimpin langsung Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F. Wilantara.

Anggota DPR RI Rian Firmansyah mengapresiasi Rakerda DPD KNPI Jawa Barat yang mengambil tempat di Kabupaten Bandung Barat ini. Ini sangat prestis untuk Kabupaten Bandung Barat dan Jawa Barat

“Rakerda pasar pemilu ini harus dijadikan momentum awal kebangkitan rekonsiliasi kebangsaan. Ini momen yang tepat dalam menggali potensi yang ada dalam diri pemuda untuk bangsa dan negara,” ujar Rian.(gus)

Pos terkait