Rossi Pembalap Tertua di Puncak Kalesemen, Patahkan Rekor 68 Tahun

  • Whatsapp

Austin, SpiritNews-Di antara keriput yang terus bertambah di wajahnya, Valentino Rossi masih membuat rekor. Dia menjadi pebalap tertua yang memuncaki klasemen sejak tahun 1949.

Rossi mempertahankan tren bagusnya di musim ini saat membalap di Sirkuit Austin. Meski masih belum bisa jadi juara, dia menuntaskan balapan di posisi dua.

Menjadi runner up di Austin membuat dia menjadi satu-satunya pebalap yang selalu naik podium musim ini. Konsistensi itu juga berbuah puncak klasemen.

Ada 56 poin dipunya Rossi. Dia unggul enam angka dari Maverick Vinales di posisi dua dan memimpin 18 poin di depan Marc Marquez. Ini adalah kali pertama sejak MotoGP Malaysia 2015 Rossi berada lagi di puncak klasemen.

Ada rekor lain dipunya Rossi dari keberhasilan tersebut. Dia kini menjadi pebalap tertua yang memuncaki klasemen MotoGP sejak 1949. Saat menyentuh finis di posisi kedua, Rossi berusia 38 tahun dan 66 hari.

Hanya ada satu pebalap yang lebih tua dari Rossi yang pernah memuncaki klasemen di kelas primer. Dia adalah Harold Daniell yang memuncaki klasemen saat berumur 39 taun dan 240 hari. Itu terjadi pada 1949. Pebalap asal Inggris itu kemudian menajamkan catatanya menjadi 39 tahun dan 256 hari di tahun yang sama.

Pebalap tertua ketiga yang pernah memuncaki klasemen kelas primer adalah Leslie Graham. Juga di tahun 1949 , Graham meraihnya dalam usia 37 tahun dan 340 hari.

Rossi saat ini masih punya kontrak berdurasi satu musim dengan Yamah. Itu artinya dia masih punya peluang untuk mematahkan rekor Daniel andai bisa menjaga konsistensinya. Demikian diberitakan Marca.

“Anda harus mengucap selamat padanya karena dia menjalani balapan yang hebat, sangat cerdas tanpa mengambil risiko besar, yang dia lakukan luar biasa,” sanjung Vinales usai balapan.

“Dia layak mendapat lebih banyak hormat. Dia lebih cepat sejauh ini dan dia memimpin, respek total untuknya dan dia menunjukkan kalau konsistensi sangatlah penting,” timpal Marquez.(*) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *