Perangkat Desa di Karawang Ikut Bantu Sukseskan Program JKN-KIS

  • Whatsapp
Kadis DPMD Kabupaten Karawang, Ade Sudiana
banner 468x60

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id-Dalam rangka mencapai Universal Health Coverage (UHC), BPJS Kesehatan Cabang Karawang terus melakukan upaya perluasan peserta dengan menggelar acara Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa. Sosialisasi yang melibatkan perwakilan dari 144 desa berbeda di Kabupaten Karawang ini dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman bersama antara BPJS Kesehatan dengan perangkat desa setempat untuk patuh dalam mendaftarkan seluruh perangkat desa di wilayah mereka masing-masing.

Pada sambutannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Debbie Nianta Musigiasari mengatakan, bahwa dengan adanya peran aktif dari perangkat desa, dapat membantu menyukseskan terselenggaranya Program JKN-KIS. Menurutnya, Kepala Desa memiliki peran penting untuk menggugah hati masrakatnya untuk segara mendaftar menjadi peserta JKN-KIS sehingga seluruh masyarakat di wilayah masing-masing sudah dijamin oleh Program JKN-KIS.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Kita sangat mengharapkan peran aktif dari Perangkat Desa dalam menyukseskan Program JKN-KIS. Dengan hadirnya Kepala Desa dari setiap desa atau perwakilannya di tempat  ini diharapkan dapat menjadi pengingat untuk dapat segera mendaftarkan seluruh perangkat desa di desa masing-masing. Kedepannya Kader JKN di wilayah masing-masing akan bekerja sama dengan agen desa seperti BUMDes untuk pendaftaran maupun pembayaran iuran JKN-KIS di desa tersebut,” ujar Debbie.

Lebih lanjut, Debbie menjelaskan, bahwa saat ini Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang telah menjadi wilayah piloting dilaksanakannya penagihan iuran dan pendaftaran Peserta JKN-KIS melalui BUMDes Kecamatan Klari. Sebagai timbal baliknya, BUMDes Kecamatan Klari akan mendapatkan presentase imbal jasa dari setiap peserta JKN-KIS.

“Bagi Kecamatan atau desa lain yang juga bersedia dan siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat segera menghubungi kami, kesempatan ini sangat terbuka bagi Bapak atau Ibu semua,” tambah Debbie.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Ade Sudiana menyambut baik acara yang dihelat oleh BPJS Kesehatan tersebut. Menurutnya, ini merupakan langkah yang baik untuk menyukseskan Program JKN-KIS dan memberikan pemahaman kepada perangkat desa betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Ia berharap, setalah adanya kegiatan sosialisasi ini, ada bentuk tindak lanjut dari Kepala Desa dan Perangkat Desa setempat untuk terus megingatkan seluruh masyarakat agar mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN-KIS.

“Ini merupakan suatu hal yang sangat baik, saya berharap mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini segera ada tindak lanjut dari Kepala Desa dan Perangkat Desa yang hadir di sini. Ayo segera isi form pendaftaran peserta JKN-KISnya. Dengan demikian kita semua dapat memiliki jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan sangat penting karena sakit itu sesuatu hal yang tidak bisa diduga dan ditawar datangnya. Jadi kalau sudah memiliki jaminan kesehatan maka Bapak atau Ibu tidak perlu khawatir lagi,” ujar Ade.(rls)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60