Qreatiq Automation Innovations Diaplikasikan untuk Tujuh Sektor Industri

  • Whatsapp

QREATIQ AUTOMATION Innovations saat ini hadir sebagai solusi baru untuk semua jenis industri yang ada di dunia. Dalam penerapannya, masih sedikit pemilik perusahaan yang sadar akan pentingnya pengaplikasian IoT dalam mencapai efisiensi produksi.

Penulis: Eris Endraswari

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Malang

Lantas kemana saja fokus pengaplikasian Qreatiq Software tersebut ? Ada tujuh  Sektor Industri untuk Qreatiq Automation Innovations. Penerapan Qreatiq Automation Innovations ternyata begitu luas untuk berbagai bidang industri mulai dari makanan, minuman, pertanian, bangunan dan masih banyak lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa pengaplikasian IoT memang sangat luas dan tidak terbatas. Kita pun tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya terlebih jika masih mencoba merintis bisnis dari awal.

1. Industri Makanan

Tentu kita setuju apabila industri di bidang makanan memang sangat luas bahkan terus berkembang sampai saat ini. Mengingat bahwa kebutuhan pangan setiap manusia akan terus meningkat.

Hal ini menjadi peluang bagi Qreatiq untuk menyediakan seluruh pengetahuan tekniknya di berbagai bidang yang berbeda untuk menerapkan otomatisasinya. Beberapa solusi yang ditawarkan oleh Qreatiq khususnya dalam proses pengolahan antara lain adalah fryer temperature monitoring yang berfungsi untuk mengontrol suhu selama penggorengan agar tetap berada di suhu yang diinginkan.

Ada juga boiler controller yang memiliki fungsi hampir sama yakni mengontrol suhu dan waktu selama proses perebusan bahan baku selama proses produksi dari bahan mentah ke produk jadi.

2. Industri Minuman

Masih dalam fokus industri yang sejenis, Qreatiq lebih bertindak pada aspek teknik otomatisasi mesin dan pengawasan selama proses produksi. Hal ini karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman di bidang tersebut sehingga mampu menangani berbagai keluhan dan masalah yang dialami oleh setiap klien.

Dengan meningkatkan konfigurasi proses produksi minuman, Qreatiq mampu memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang sampai saat ini. Pengaplikasian sistem oleh Qreatiq dapat dimulai dari pengelolaan bahan baku hingga berlanjut ke produk jadi.

Salah satu bentuk inovasi dari Qreatiq yang dapat diaplikasikan pada bidang industri ini adalah defect detection yang berfungsi untuk mendeteksi adanya nilai kecatatan pada produk sehingga memudahkan proses quality control.

3. Industri Susu dan Olahannya

Di sektor produksi ini, Qreatiq menempatkan diri untuk lebih berfokus ke siklus pemrosesan yang lebih kompleks. Mengingat bahwa bahan baku dari susu memiliki tingkat kerusakan yang cukup tinggi sehingga harus segera mendapatkan teknik pengolahan dengan baik dan tepat dalam waktu singkat.

Qreatiq menawarkan pengawasan dan otomatisasi selama proses pengolahan guna menurunkan resiko kontaminasi. Hal ini dapat dilihat dari salah satu inovasi yang berperan penting dalam pengolahan susu adalah temperature control yang menjaga suhu bahan dan produk tetap berada di titik yang diinginkan.

Mengingat bahwa temperatur menjadi faktor penting untuk tetap mempertahankan kualitas susu karena rentan mengalami denaturasi protein, emulsi lemak hingga perubahan fisik akibat suhu tidak terkontrol.

4. Sektor Lingkungan

Salah satu keunggulan yang terlihat dari pengaplikasian Qreatiq di bidang industri ini adalah mereka mampu memberikan solusi baru khususnya di bidang pengolahan air limbah.

Dalam prosesnya telah menggunakan teknologi yang canggih karena mampu menggabungkan antara manajemen kendali, kontrol jarak jauh dan juga pengumpulan data.

Pada sektor ini, sangatlah penting untuk menyusun sistem kontrol yang handal dalam menjamin tercapainya kesehatan lingkungan semaksimal mungkin. Hal ini menjadi alasan mengapa manajemen kontrol tersebut harus dikombinasikan dengan otomasi seluruh perangkat sehingga dapat berjalan beriringan.

5. Sektor Energi

Sementara di sektor industri ini, Qreatiq menawarkan solusi yang sebelumya sudah diperoleh di industri lainnya. Sama seperti perusahaan makanan dan minuman dimana Qreatiq pun melakukan sistem pengawasan secara kompleks seperti distribusi listrik di industri penginapan, stasiun biomassa hingga distribusi energi.

Qreatiq juga telah berkolaborasi dengan beberapa pemasok teknologi. Kerja sama ini bertujuan untuk melindungi dan mengontrol listrik dan latar belakang secara teknis di balik pengawasan sistem yang telah dilakukan. Selain itu juga secara tidak langsung mampu menjaga profesionalitas dari Qreatiq dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan klien.

6. Pertanian

Saat ini masih banyak pabrik di bidang pertanian dan perkebunan yang ketinggalan zaman karena tidak menerapkan teknologi canggih selama proses produksinya. Tentu seiring dengan berjalannya waktu, mereka pun akan kalah saing dengan beberapa perusahaan yang sudah mengaplikasikan teknologi canggih, IoT hingga perangkat lunak dalam produksinya.

Begitupun pada Qreatiq yang telah terhubung untuk mendukung pengambilan keputusan semaksimal mungkin. Hal ini bertujuan dalam mengoptimalkan hasil pasca panen karena bahan baku dari hasil pertanian dan perkebunan sebenarnya memiliki tingkat kerusakan yang tinggi. Maka dari itu harus mendapatkan treatment dengan tepat secepat mungkin.

7. Rumah, Gedung dan Bangunan

Solusi dari Qreatiq untuk industri di sektor satu ini tentunya sudah terhubung dengan platform IoT. Dalam hal ini, memungkinkan bagi beberapa perintis perusahaan yang ingin mengembangkan inovasi baru di bidang tersebut, misalnya smart home yang saat ini sedang berkembang.

Qreatiq dengan produknya yang dinamakan eSequre akan membantu mengamankan rumah, gedung, dan bangunan dengna menggunakan teknologi yang muktahir seperti 3D Face Recognition, Vein Detection, bahkan Object Recignition dan Tracking.

Mengingat bahwa pembangunan rumah, gedung, penginapan dan sejenisnya memang selalu meningkat. Hal ini seiring dengan pertumbuhan warga juga selalu meningkat sehingga kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman pun ikut bertambah dan melonjak.

Apa Bukti Nyata Kontribusi Qreatiq dalam Sektor Industri ?

Bagi beberapa orang yang belum pernah tahu langsung mengenai penerapan Qreatiq ini tentunya masih merasa awam dengan pengaplikasian sistem tersebut. Namun jika Anda masih ragu akan hal ini, bisa mengecek beberapa contoh nyata di bawah ini :

1. Otomatisasi di Sektor Produksi Minyak

Sebagai salah satu perusahaan besar di bidang produksi minyak, Wilmar Group meminta Qreatiq untuk pengontrolan semua penerimaan dan penyimpanan bahan baku. Pengembangan sistem harus bisa berinteraksi dengan semua departemen agar semua area pabrik bisa mengaksesnya.

Langkah ini diharapkan mampu meminimalkan adanya kemungkinan kerusakan dan kecatatan produk di tengah produksi. Solusinya adalah dengan meningkatkan sistem pengawasan yang telah terkonfigurasi oleh setiap departemen.

Hal ini akan berfokus agar semua departemen bisa saling terhubung melalui satu jalur yang serupa. Untuk pengembangannya pun sudah dipertimbangkan oleh pihak manajemen agar sesuai dengan target perusahaan demi meminimalkan kerusakan produk jadi.

2. Industri Minuman

Salah satu perusahaan besar yang berfokus di bidang industri minuman meminta untuk melakukan pembenahan pada perangkat lunak. Hal ini menjadi salah satu masalah yang berkaitan pada standardisasi proses dan kontrol produksi.

Mereka berharap jika sistem pengawasaan ini dapat berjalan semestinya tanpa adanya pengaruh aktivitas produksi sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Qreatiq mencoba untuk mengorganisir beberapa operasi yang telah dirancang.

Tujuannya untuk menguji setiap divisi agar mereka terlibat dalam pengoperasian perangkat lunak secara keseluruhan. Penting untuk mengetahui apa saja titik kritis yang ada dalam proses produksi tersebut guna meminimalkan resiko yang terjadi selama pengawasan produksi.

Itulah tadi beberapa sektor industri yang menjadi fokus pengaplikasian dari Qreatiq Automation Innovations. Tentunya masih ada banyak sekali bidang perusahaan lainnya khususnya yang sedang berkembang dan masih merintis di awal. Qreatiq hadir sebagai inovasi baru untuk meningkatkan kualitas secara lebih efisien.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait