Kabupaten Subang, SpiritNews-Akibat musim kemarau yang berkepanjangan, PDAM Tirta Rangga Kabupaten Subang tidak dapat secara maksimal untuk mendistribusikan air bersih sesuai jaringan pipa ke rumah pelanggan.
Akibatnya, tidak sedikit pelanggan atau sambungan rumah mengeluh karena tidak dapat menikmati air bersih dari perusahaan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang itu.
Baca Juga : Tirta Investama Diduga Bohongi Pemerintah dan Masyarakat
Seperti yang dialami warga di Perumahan Surya Cigadung dan warga yang bertempat tinggal di Kota Subang. Selama dua hari berturut-turut air bersih dari PDAM Tirta Rangga tidak mengalir ke rumah warga. Dengan kondisi ini, warga terpaksa membeli air bersih isi ulang untuk kebutuhan rumah tangga, mencuci dan mandi.
Direktur PDAM Tirta Rangga Subang, Suryana, meminta maaf kepada warga, khususnya pelanggan PDAM Tirta Rangga di Perumahan Surya Cigadung dan Kota Subang karena air bersih tidak mengalir.
Menurutnya, air bersih PDAM Tirta Rangga tidak mengalir karena musim kemarau yang berkepanjangan dan mengakibatkan kesulitan mendapatkan air sebagai bahan baku. Bahkan, debit air Sungai Cibulak berkurang.
Berita Terkait : DPRD Persoalkan Sumur Bor Dilahan Milik PDAM Subang
“Kami dari pihak PDAM Tirta Rangga Subang, mohon maaf dengan tidak mengalirnya air bersih kepada para pelanggan di Kota Subang selama dua hari,” kata Suryana kepada SpiritNews, Jumat (28/9/2018).
Selain karena musim kemarau, kata Suryana, pendistribusian air bersih ke rumah pelanggan juga terkendala karena adanya pipa besar di Jalan Otista Subang mengalami kebocoran akibat ada perbaikan gorong-gorong.
“Dengan kurangnya debit air di Sungai Cibulak dan juga ada kerusakan pipa besar dan jelas air bersih tersebut tidak akan mengalir kepada pelanggan, kami mohon maaf atas kejadian ini,” jelasnya.
Diakuinya, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak penambang pasir di Sungai Cibulak. Dalam pertemuan itu disepakati para penambang membuat kolam air penampungan air.
“Penampungan air ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan PDAM Tirta Rangga dan air yang didistribusikan ke pelanggan lebih jernih,” ujarnya.
Untuk menghadapi musim hujan, lanjut Suryana, PDAM Tirta Rangga sudah memasang tiga filter penjernih air, dan menghilangkan bau kaporit.
“Pada saat musim hujan nanti, air bersih yang didistribusikan ke pelanggan tetap jernih dan tidak bau kaporit,” ungkapnya.(bus)