Sanggar Cut Meutia Sabet 3 Juara Lhokseumawe Art Festival

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/

Kabupaten Aceh Utara, SpiritNews-Sanggar Cut Meutia Pendopo Bupati Aceh Utara binaan Hj. Cut Ratna Irawati, berhasil menyabet tiga kategori juara pada Lhokseumawe Art Festival 2018. Pertunjukan yang dihelat di pelataran samping Stadion Tunas Bangsa Lhokseumawe, 8-11 Desember 2018, diikuti oleh pegiat seni dari Kabupaten Bireuen, Kota Sabang, Banda Aceh, Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Sanggar Cut Meutia Aceh Utara ikut ambil bagian dalam festival tersebut dengan mengikuti sejumlah perlombaan. Tiga juara yang berhasil diraih oleh Sanggar Cut Meutia masing-masing juara I tari kreasi, penata tari terbaik, dan juara III musik kolaborasi.

Bacaan Lainnya

Ketua Sanggar Cut Meutia, Hj. Cut Ratna mengatakan, tari Gaseh Meusandeng yang berhasil jadi juara menceritakan tentang prosesi adat perkawinan Aceh, di mana dalam kearifan lokalnya merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari hari.

Baca Juga: Sanggar Tari Nay Sunda Terus Lestarikan Seni dan Budaya

Dalam upacara adat perkawinan Aceh, terdapat beberapa prosesi adat yang harus dilaksanakan sebagai syarat sahnya sebuah adat perkawinan. Seperti “jak ba ranup” (lamaran) sekaligus “jak ba tanda” (pertunangan), dan prosesi pernikahan (akad) hingga pesta perkawinan “intat lintoe”.

Tarian ini, digambarkan dalam bentuk gerak yang heroik, dinamis, inovatif dan semua masih dalam konteks budaya setempat. Tarian ini juga menggunakan properti seperti dalong, payung, dan properti pendukung lainnya, dengan diiringi beberapa alat musik tradisional dan modern, sehingga tarian ini dikemas dalam bentuk kesenian yang sangat memukau dan membuat decak kagum penonton.

Berita Lain: Pemerhati Budaya Apresiasi Pelaksanaan Festival Bekasi Tempo Doeloe

Sementara untuk penata tari terbaik diraih oleh Musrafi, ST., dari Sanggar Cut Meutia. Sedangkan untuk mata lomba musik kolaborasi meraih Juara III dengan judul “peusaho su” dengan penata musik Uyung Wallad. “Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk anak anak kami di Sanggar Cut Meutia yang telah menoreh prestasi ini,” ungkap Cut Ratna.(mah)

Pos terkait