Jaga Lingkungan Pesisir dengan Pengembangan Ekowisata Mangrove Pantai Mekar

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
PT Pertamina EP dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat kembangkan Ekowisata Hutan Mangrove, di Pantai Muara, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Kabupaten Bekasi, SpiritNews-Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan upaya penghijauan, PT Pertamina EP dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat belum lama ini telah meresmikan Ekowisata Hutan Mangrove, di Pantai Muara, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

“Masyrakat Muara Gembong diberi kepercayaan untuk mengelola pohon mangrove, menjadi hutan yang harus kita kelola dengan baik yang jika dilaksanakan akan menajadi nilai ibadah,” ungkap Kepala Badan Kordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Jawa Barat, Toto Mohammad Toha.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, Pemprov Jawa Barat mengapresiasi kepedulian PT Pertamina EP Tambun Bekasi terhadap lingkungan, dengan mempercantik kawasan Ekowisata Hutan Mangrove melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. Serta membuat jembatan bambu dan menyumbangkan 1.500 pohon untuk di tanam di Hutan Lindung Mangrove Muara Gembong.

Sementara itu, Direktur Exploration and New Discovery Project Pertamina EP Tambun Bekasi, Achmad Alvian Husein mengatakan, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan wilayah pesisir yang cukup luas. Wilayah Muara Gembong, Kabuapaten Bekasi, memiliki potensi wisata hutan mangrove yang cukup besar.

Baca Juga: PHE Abar Berperan Aktif Menjaga Lingkungan Pesisir Pantai

“Oleh karena itu, kami dari tim PT Pertamina EP Aset 3 Tambun Field melakukan pengembagan kawasan ekowisata mangrove di Desa Pantai Mekar Bekasi,” katanya.

Dijelaskan, program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2016 dalam bentuk penanaman sebanyak 1.300 pohon, pembangunan tracking, pelatihan mangrove, serta sosialisasi cinta lingkungan dan bersih-bersih pesisir.

“Hutan mangrove menjadi sebagai salah satu ekosistem, pesisir mengalami kerusakan jika dibiarkan tidak terawat, dan kerusakan saat itu mengakibatkan abrasi yang berdampak kepada tiga desa, salah satunya Desa Pantai Mekar,” tuturnya.

Berita Lain: Warga Keluhkan Lokasi Eksplorasi Pertamina di Sukamelang yang Tidak Terawat

Untuk itu, Pertamina bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Pemprov Jawa Barat, Dinas Kehutanan, dan masyarakat Muara Gembong mengadakan penanaman pohon, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir pantai.(sam)

Pos terkait