KIP Aceh Utara Beri Pendidikan Pemilu Bagi Disabilitas

  • Whatsapp
www.spiritnews.co.id
Munzir.S.KM (Devisi Hukum KIP Aceh Utara) menyerahkan sertifikat secara simbolis mewakili salah seorang penyandang disabilitas

Kabupaten Aceh Utara, SpiritNews– Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara terus berupaya memberikan sosialisasi jelang Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019. Kali ini sasarannya adalah para penyandang disabilitas yang menerima pendidikan Pemilu di Aula Kantor Camat Lhoksukon, Selasa (25/12/2018).

“Kegiatan ini dengan mengusung tema ” Pemilu 2019 Ramah Disabilitas”. Hal ini didasarkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 yang mengatur sosialisasi dan Pendidikan Pemilu bagi para para penyandang disabilitas,”kata Devisi Hukum KIP Kabupaten Aceh Utara, Munzir,S.KM.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: KIP Aceh Utara Harus Netral dalam Pileg dan Pilpres 2019

Dia mengatakan, kegiatan pendidikan pemilih ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait Pemilu 2019 kepada kelompok penyandang disabilitas. Sebab, keterbatasan yang dimiliki oleh kelompok disabilitas ini akan berpotensi menyebabkan hilangnya informasi terkait Pemilu 2019, yang seharusnya didapatnya.

“Jadi pendidikan Pemilu diberikan kepada penyandang disabilitas. Semua bergantung pada kebutuhan dari masing-masing. Tapi pada dasarnya, para penyandang disabilitas ini memiliki kesamaan hak untuk menentukan dan memilih sesuai aspirasinya dalam pemilu 2019,” jelasnya.

BACA JUGA: YARA Serahkan Piagam Penghargaan Kepada KIP Aceh Utara

Ditempat yang sama peserta Pendidikan Pemilu, Sakinah yang merupakan cacat fisik mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan yang berlangsung, selama ini belum pernah dilakukan oleh KIP.

“Saya salut dengan KIP kali ini, kegiatan ini sangat luar biasa karena selama pemilihan baru kali ini diadakan pendidikan pemilu terutama bagi penyandang disabilitas,”tuturnya.

Turut hadir Devisi Hukum KIP Aceh Utara, Munzir,S.KM, ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lhoksukon, yang mewakili unsur Muspika Lhoksukon serta para peserta pendidikan pemilu dalam kecamatan Lhoksukon. (mah)

Pos terkait