Kejari Karawang Siap Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha Dalam Program JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka melanjutkan sinergi dan kerja sama guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah Kabupaten Karawang, BPJS Kesehatan Cabang Karawang kembali menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang melalui penandatanganan Kesepakatan Bersama yang dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Negeri.

Dalam penandatanganan Kesepakatan Bersama tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Rohayatie, hadir menandatangani langsung bersama dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Debbie Nianta Musigiasari.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Melalui Kesepakatan Bersama ini, sinergi antara Kejaksaan Negeri Karawang dengan BPJS Kesehatan Cabang Karawang dapat terus berlanjut, sehingga Kejaksaaan Negeri Karawang dapat memberikan konsultasi, pendampingan hukum, bantun hukum dan tindakan hukum lainnya termasuk juga khusus pada kepatuhan badan usaha agar menjalankan kewajibannya untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta dan membayar iuran BPJS Kesehatan,” tutur  Rohayatie.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Debbie Nianta Musigiasari, juga mengungkapkan hal serupa bahwa Kesepakatan bersama ini merupakan bentuk kerja sama dalam bidang kepatuhan peserta, yang dalam hal ini badan usaha dan juga fungsi kejaksaan.

Sebagai salah satu hasil dari kerja sama tersebut nantinya yaitu diterbitkannya Surat Kuasa Khusus (SKK) dari BPJS Kesehatan kepada Kejaksaan Negeri Karawang untuk menindaklanjuti badan usaha yang tidak patuh. Dengan demikian, penegakan kepatuhan dapat berjalan dengan efektif.

“Ini adalah perpanjangan Kesepakatan Bersama yang setiap tahun dilakukan oleh kedua belah pihak. Semoga melalui Kesepakatan Bersama ini baik bagi Kejaksaan maupun BPJS Kesehatan dapat saling mendukung kinerja masing-masing pihak karena kepesertaan dan pembayaran iuran peserta JKN-KIS adalah bersifat wajib dari negara, maka ini menjadi tugas kita bersama,” jelas Debbie.

Hingga saat ini, badan usaha yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Karawang yaitu sebanyak 2.744 badan usaha. Namun masih terdapat badan usaha yang belum mendaftarkan dirinya.

Inilah yang menjadi salah satu tugas dari BPJS Kesehatan beserta dengan Kejaksaan untuk menertibkan badan usaha yang masih belum patuh mendaftarkan badan usaha beserta  pekerjanya.

Selain itu, badan usaha yang belum menyerahkan data pekerja, serta badan usaha yang tidak membayarkan iurannnya secara rutin setiap bulannya juga menjadi sasaran dari penegakan hukum peserta JKN-KIS.(rls/ybs)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60