BPS Jawa Barat Sebut Desa Pamanukan Terpilih Menjadi Desa Cantik Tahun 2021

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Desa Pamanukan, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat terpilih sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) versi BPS Jawa Barat.

Demikian dikatakan, Kepala BPS Subang Muhammad Sholihin, saat pertemuan dengan Bupati Subang H. Ruhimat, di Ruang Kerja Bupati, Rabu (9/6/2021).

“Desa Pamanukan terpilih sebagai Desa Cantik oleh BPS Jawa Barat,” kata Sholihin.

Dikatakan, desa merupakan aparat pemerintahan terdekat bagi masyarakat. Sehingga, kebijakan dan pembangunan desa harus mampu menjawab permasalahan di masyarakat. Oleh karena itu, desa harus memiliki data yang lengkap dan akurat mengenai berbagai permasalahan yang ada di desanya, sehingga program-program yang ditawarkan oleh pemerintahan desa menjadi tepat sasaran.

“Dalam menyediakan data secara lengkap dan akurat, aparatur desa harus dibekali dengan pemahaman statistik yang baik. Sehingga, kami dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi penyedia data-data statistik telah meluncurkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik,” jelasnya.

Menurutnya, penerapan program Desa Cantik di Desa Pamanukan akan melibatkan Disdukcapil Kabupaten Subang untuk data kelahiran, kematian dan lainnya.

“Dalam 1 RT akan diambil sampel 16 rumah tangga dan dipersiapkan sebanyak 80 pertanyaan,” katanya.

Dengan adanya program Desa Cantik ini, kata Sholihin, apatur desa diharapkan mampu memahami statistik dengan baik, sekaligus menjadi pelopor melahirkan Komunitas Cinta Statistik. Adapun pelatihan untuk para petugas dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 sejumlah 223 orang. Penerapan program Desa Cantik akan dimulai bulan agustus yang dilaksanakan oleh petugas dengan 3 gelombang.

Adapun desa-desa yang masuk dalam Program Desa Cantik Tambahan di Provinsi Jawa Barat tahun 2021 adalah :

  1. Desa Pamanukan Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang
  2. Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis
  3. Desa Banyuresmi Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut
  4. Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu
  5. Desa Bungursari Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta
  6. Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi
  7. Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor
  8. Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan
  9. Desa Nanggerang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya
  10. Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor

Bupati Subang H. Ruhimat, memberikan apresiasinya kepada BPS Subang yang telah secara konsisten mengawal penerapan program Desa Cantik dari BPS Jawa Barat.

“Ini akan menjadi data dasar bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Subang terutama perihal data penerima bantuan. Kita bersama-sama mensukseskan kegiatan ini dalam rangka peningkatan data yang dinamis,” ungkapnya.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait