Dampak Virus Corona, Pemkot Depok Diminta Menggratiskan Tagihan PDAM

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Suryadi, S.Pd, Wakil Ketua DPD KNPI Kota Depok
banner 468x60

DUNIA sedang berjuang melawan Pandemi virus Corona atau Covid-19, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan Cina ini terus meluas keliling dunia.

Kota Depok salah satu kota yang terdampak dan terdapat warganya yang dinyatakan positif virus Corona (Covid-19), dengan berbagai cara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuat sebuah kebijakan agar dapat mencegah penyebaran virus Covid-19.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Oleh : Suryadi, S.Pd

Wakil Ketua DPD KNPI Kota Depok

Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Pemkot Depok pastinya perlu dana yang besar, walaupun pemerintah daerah maupun pusat sudah menganggarkan dana buat pencegahan penyebaran Covid-19, tapi sangat disayangkan saat ini BUMD di Kota Depok tidak terlihat dan tidak peduli terhadap masalah ini.

BUMD seharusnya memberikan dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada kota Depok untuk membantu menangani penyebaran Covid-19, seperti PDAM Tirta Asasta. PDAM Tirta Asasta merupakan BUMD terbesar di Kota Depok, bagaimana tidak ? Ssetiap rumah warga kota Depok pasti menggunakan sumber air PDAM.

Tanggal 01 Maret 2020, PDAM Tirta Asasta membuat sebuah imbauan untuk warga Kota Depok yaitu pembacaan meteran secara mandiri, yang dimana ketika warga mengirim gambar tersebut kepada PDAM Tirta Asasta mendapatkan pulsa sejumlah Rp 10.000.

Kebijakan ini menurut saya kurang tepat, karena warga bukan butuh pulsa akan tetapi pada saat ini warga kota Depok butuh bantuan baik materi maupun non materi. PT. PLN yang merupakan BUMN sudah mengikuti arahan dari Presiden RI terkait penggratisan biaya selama tiga bulan diberikan kepada pelanggan kelompok daya 450 VA.

Artinya, 24 juta pelanggan yang masuk kelompok ini tak perlu membayar tagihan listrik untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020. Sementara itu, untuk pelanggan kelompok daya 900 VA, Presiden Jokowi mengumumkan pemberian diskon tarif 50 persen selama tiga bulan. Sama dengan kelompok sebelumnya, 7 juta pelanggan 900 VA mendapat potongan tarif 50 persen untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Pemkot Depok harus tegas kepada PDAM Tirta Asasta yang merupakan BUMD Kota Depok untuk menggratiskan biaya selama tiga bulan yang diberikan kepada seluruh pelanggan rumah tangga dimulai bulan April sampai dengan Juni 2020.

PDAM Tirta Asasta juga harus mengeluarkan dana CSR-nya kepada masyarakat yang membutuhkan baik bentuk program maupun bantuan secara langsung dalam membantu menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19 di kota Depok.

Untuk itu diimbau seluruh stakeholders dan masyarakat untuk meniadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, meningkatkan kewaspadaan diri, menghindari keramaian, menunda perjalanan yang tidak penting, memperbanyak aktivitas di dalam rumah, juga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60