Bawaslu Awasi Politik Uang Berkedok Bantuan Kegiatan Keagamaan

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Abdullah Dahlan.

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Abdullah Dahlan memastikan pihaknya akan mengawasi segala bentuk praktek politik uang, diantaranya yang berkedok bantuan dan kegiatan keagamaan selama masa kampanye.

Menurut Abdullah, praktek politik uang saat ini menjadi salah satu sorotan Bawaslu. Sebab, perusak demokrasi itu adalah praktek politik uang. Pihaknya berkomitmen membangun integritas agar pemilu ke depan semakin baik.

Bacaan Lainnya

“Oleh sebab itu, ujung tombak pengawasan pada masa kampanye adalah Panwascam, agar praktek politik uang itu tidak terjadi dengan cara mencegahnya,” ujar Abdullah saat memberikan materi dalam rapat kerja teknis pengawasan dan penindakan Pemilu 2019, Senin (15/10/2018).

Baca Juga: Dua Caleg di Karawang Bersuami Anggota Panwascam

Koordinasi dilakukan guna mencegah praktek politik uang seperti pelacakan transaksi non-tunai dan juga barang bukti. Selain itu, sosialisasi dinilai penting karena kampanye Pemilu 2019 sedang berlangsung.

”Pemilu 2019 bukan pemilu yang ringan, karena dalam sejarah pemilu serentak antara Pilpres dan Pileg ini baru pertama kalinya. Makanya momen ini penting untuk membangkitkan spirit kontestasi,” katanya.

Dijelaskan, dalam Pemilu 2019 sebanyak 16 Parpol terlibat dalam proses demokrasi sistem terbuka lima tahunan tersebut. Untuk itu, dirinya menilai Perbawaslu yang telah ditetapkan harus menjadi acuan seluruh parpol peserta pemilu terkait aturan kampanye, dana kampanye dan pelanggaran kampanye.

Berita Lain: Jabatan Panwascam Kosong, Kerja Bawaslu Dinilai Lamban

”Koordinasi di daerah juga kami lalukan. Bukan hanya antar parpol tapi antar caleg. Makanya kaidah kompetisi dalam norma dan undang-undang penting untuk jadi perhatian bersama,” katanya.(moy)

Pos terkait