Kodim 0104 Aceh Timur Tanam Padi Perdana di Sawah yang Baru Dicetak

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Aceh Timur, spiritnews.co.id – Kodim 0104 Aceh Timur penanaman padi perdana pada lahan perluasan sawah baru tahun 2019, di Desa Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, Senin (11/11/019).

Pencetakan sawah baru ini merupakan program nasional kerjasama TNI dengan Kementerian Pertanian dalam upaya pangan di Indonesia atau disebut dengan program Upsus.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur, Usman Arahman, mengatakan, pihaknya sering melakukan cetak sawah baru, yang sudah lakukan sejak tahun 2016 silam. Hingga saat ini, luas sawah yang sudah dicetak sudah 872 hektar yang tersebar di kecamatan-kecamatan se-Aceh Timur.

“Pada 2019 kita mendapat alokasi cetak sawah seluas 100 hektar, yaitu, di Kecamatan Serbajadi seluas 70 hektar dan Kecamatan Indra Makmu seluas 30 hektar,” kata Usman, dalam laporannya, Senin (11/11/2019).

Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, mengucapkan, terimakasih kepada semua unsur yang telah membantu pelaksanaan cetak sawah baru pada tahun ini.

“Kami sudah selesai mencetak sawah baru, akan tetapi pendampingan kepada masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan belum selesai, dikarenakan ketahanan pangan dengan ketahanan wilayah ini tentu saja sesuatu yang tidak bisa dipisahkan,” kata Hasanul.

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin Thaib, mengatakan, pertanian Aceh Timur tahun 2012 lalu surplus dan mendapat penghargaan presiden di 2014.

“Di Aceh Timur lebih banyak lahan basah, makanya disini kita mohon Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh untuk mendukung pembangunan irigasi agar sawah-sawah yang ada di Aceh Timur tidak beralih fungsi ke tanaman Sawit. Yang sangat kami khawatir kelompok tani kita hampir 80 kelompok tani belum mendapatkan bantuan dari Pusat, dikarenakan tidak sesuai dengan data BPN ATR pada akhirnya kelompok tani ini tidak bisa terima pupuk, bibit dan tidak terima bantuan apapun dari pusat,” katanya.(mah)

Pos terkait